Kamis, 31 Januari 2008

Wanita Ahli Surga.....

Setiap wanita muslimah tentu ingin menjadi ahli surga. Dan pada dasarnya wanita ahli surga itu adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Seluruh ciri-cirinya merupakan cerminan ketaatan kepada Allah SWT yang ia miliki. Tetapi Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah memperinci ciri-ciri itu dalam kitabnya Majumu’ul Fatawa, sebagai berikut:

“ Bertakwa; beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNay, rasul-rasulNya, hari kiamat, dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk; bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan RasulNya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan naik haji jika ia mampu; berlaku ihsan, beribadah kepada Allah seakan-akan ia melihat Allah, jika ia tidak dapat melihat Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya; ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakal kepada Allah, mencintai Allah dan RasulNya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat padaNya, dan bersabar atas semua takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya,; gemar membaca Al Qur’an dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata; menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, kepada keluarga dan masyarakat;berbuat baik kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan kepada seluruh makhluk, termasuk kepada hewan ternak miliknya, menyambung tali persaudaraan terhadap orang ang memutuskannya, memberi kepada orang yang menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang menyakitinya, berinfak, baik ketika lapang maupun di saat semmpit, menahan amarah dan memaafkan manusia, adil dalam segala perkara dan terhadap seluruh makhluk; menjaga lisannya dari berkata dusta, bersaksi palsu dan menceritakan kejelekan orang lain, menepati janji dan aanah yang diberikan kepadanya,; berbakti kepada orang tua serta menyambung silaturahmi dengan para kerabat dan sahabat-sahabatnya. ”
Tentu saja ciri-ciri di atas bukanlah merupakan batasan. Namun selagi ia disebut ketaatan, maka hal tersebut menjadi ciri wanita ahli surga. Sebab llah berfirman, “Barang siapa taat kepada Allah dan RasulNya, Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang engalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Dan itulah kemenangan yang agung.” (QS. An Nisa’:13).

Tidak ada komentar:

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...