Kamis, 17 Februari 2011

Hari pertama kumenjadi Ce'gu..^_^,


Dag..dig..duuug....!!
Jantungku berdegup kencang ketika akan memasuki kawasan SD Negeri Jampang Pondok Udik, sekolah yang saya tempati magang selama tiga bulan kedepannya. Nerveous..bercampur sedikt khawatir menjadi satu. Tetapi ada sejuta senang yang terkira yang membuat diriku sanggup meredam dag..dig..dug tadi.

Ibu Guru Titin...
Senang sekali rasanya dipanggil seperti itu..

Disambut hangat oleh Ibu Kepala Sekolah "Ely Rohimah, S,Pd, M.M" dan guru pamong Bapak " Sadang, S.Pd" adalah hal pertama yang kudapatkan di sekolah yang letaknya berseblahan dengan Markas Besar Ahmadiyah (yang dulu beritanya heboh sekali di tipi, hemm...ini toh tempatnya..!).

Perjuanganku menjadi pendidik generasi bangsa saya mulai dengan mengajar di kelas 6. Saat itu Pak Sadang meminta saya untuk mengajar Matematika di kelasnya. Bingung pun melanda...jujur, saya punya masalah dengan sesuatu yang berbau "numerikal" (hmmfhh...payah juga yah..!).

Alhamdulillah, kelas 6 saat itu berhasil saya kuasai dengan teknik2 clasroom management yang telah diajarkan oleh Trainer Makmal Pendidikan LPI Dompet Dhuafa. Saya memulai kelas dengan memperkenalkan diri dengan metode bernyanyi. liriknya seperti ini:

" Saya adalah Bu Guru Titin, berasal dari Kota Makassar..
Setiap hari pergi sekolah untuk emngajar anakku semua.."

(liriknya dinyanyikan dengan lagu Aku adalah anak gembala..)

Suasana kelas pada saat itu riuh..mungkin siswa-siswa heran..keget..n bingung..nih guru, ujuk-ujuk datang..masuk kelas, langsung nyanyi..!!Hehehe...Bu Gulu Tien memang aneh, anak-anakku..(maklum saja yah^_^,).

Kemudian perjalanan mengajar pertama saya dilanjutkan dengan berkenalan dengan siswa satu per satu (mereka juga bernyanyi,yang dilanjutkan menyebut nama;tetala;umur;hobby;cita-cita;dan pengalaman lucunya). Semua siswa tampak antusias...
Hmffhh...Alhamdulillah Yaa Rabb, saya bisa melalui hari ini...

Setelah mengajar, saya melepaskan sedikit lelah di ruangan Kepsek. Saat itu, Ibu meminta saya untuk mengeditkan file KKM yang telah beliau susun. Katanya untuk digunakan oleh guru-guru di awal semester tahun depan. "Hmmm...Kepsek yang rajin" pikirku.

Hari pertama juga kulalui dengan mendiskusikan mengenai jadwal mengajar dengan Guru Pamong. Alhamdulillah, setiap harinya dapat 2 kelas yang berbeda (SEMANGAT Bu' Gulu...!!)

Peraturan Pemerintah yang terbaru menetapkan bahwa guru-guru pulang dari sekolah pada pukul 15.00. SDN Jampang Pondok Udik sendiri menetapkan jam pulangnya pada pukul 14.00 bagi guru dan pukul 12.00 untuk siswa kelas 1-5. Sedangkan siswa kelas 6 pulang pada pukul 13.00 atau 14.00. Waah...tantangan baru untukku,bertahan di sekolah sampai semua guru-guru pulang..!

Hmm, hari yang indah dan penuh berkah, Alhamdulillah....
Semuanya bisa kulalui karena Ridho-Mu Yaa Rabb..

Jaga semangatku ini..bimbing terus hati,fikiran,amal,dan lisan ini...
Semoga saya senantiasa bisa menorehkan segudang manfaat di
SDN Jampang Pondok Udik,Kemang Bogor...

"Beranda Paviliun 4 SGEI"

Tidak ada komentar:

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...