Rabu, 03 Agustus 2011

Minggu Ceria di Papela..

Ahad, 12 Juni 2011
Saya masih ingat ketika mengumandangkan kalimat “Hari mencuci nasional”. Hari dimana saya akan mengosongkan agenda kampus, sekolah, dan lainnya. Hari berdamai dengan cucian yang menanti untuk dieksekusi pemiliknya. Semuanya kulalui meski terkadang diselipi dengan sedikit keluhan. Tapi hari ini, entah mengapa “ruh” hari mencuci nasional ini begitu kuat kurasakan kehadirannya..
Fiuuh…hmmfhh-duduk melepas lelah setelah berjalan hamper 1 km-. Inilah rutinitas baruku sekarang, mencuci di kali. Izinkan saya menyebutnya “Minggu Ceria”.
Matahari mulai menampakkan dirinya dari balik awan putih. Rombongan Ibu-ibu sudah sibuk berlalu lalang di depan rumahku. Di atas kepalanya terlihat kain sarung yang didalamnya diisi barang. Mm, cucian pikirku.Tangan kanannya memegang anaknya yang masih kecil, sedangkan dikirinya menenteng ember berisi sabun dan sikat cuci. Pemandangan yang menarik.
Tidak beberapa lama setelah ibu-ibu itu lewat, saya, Bi Mu’ dan Abang turut bergabung dalam deretan para pejuang kebersihan pakaian. Di kali, anak-anak tadi berlompatan dari atas pohon. Cipratan airnya mengenai ibu mereka yang mencuci tidak jauh dari tempat anak itu beratraksi.
Sedang diriku..?Diam..dan menebar senyum..!Tak henti-hentinya mengucap syukur telah diberikan kesempatan untuk menikmati semua kondisi ini.

Tidak ada komentar:

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...