Rabu, 03 Agustus 2011

My first time go to Baa..!

Hore..horeee….saya bersorak seperti anak kecil, meski hanya di dalam hati. Bagaimana tidak, akhirnya setelah hamper satu bulan lamanya saya akan ke kota juga. Melihat peradaban lain di Pulau Rote. Tempat yang akan saya kunjungi adalah Kecamatan Baa (baca Ba’a). Merupakan pusat Kabupatan Rote Ndao. Semua kantor urusan pemerintahan di Rote Ndao berpusat di Baa ini.
Bu Is, kepala sekolah saya di SDN 01 Papela mengatakan bahwa kami akan berangkat jam 9 pagi. Saking semangatnya, saya sudah siap berangkat pukul 08.00 pagi. Sedangkan Bang Wisyal, masih asyik santai di depan tv hingga pukul 08.45. Akhirnya kami pun berangkat pukul 09.30.
Perjalanan ke Baa harus kami tempuh dengan menggunakan ojek. Alhamdulillah, di Papela ada seorang tukang ojek perempuan yang bernama Mba Aci. Alhasil, Mba Aci lah yang mengantar saya untuk pertama kalinya ke Baa yang berjarak 50 km lebih dari Papela. Masya Allah..bayangkan,perjalanan sejauh itu harus kami tempuh demi bertemu dengan Bapak Kadis. Tapi saya senang..!! Sedangkan Bang Wisyal bersama dengan ojek bernama Ka’ Iswa, dan Bu Is bersama dengan suaminya, Pak Adi. Dan berangkatlah kami….!
Sepanjang perjalanan, tak henti-hentinya mulut ini berucap syukur pada-Nya. Pemandangan yang begitu indah terhampar di depan mataku. Pantai dengan warna gradasi biru,hamparan pasir putih, bebatuan besar di pinggir pantai. Selain itu, saya juga melewari hamparan pohon berduri (kira-kira manfaatnya apa yah..?), jejeran pohon lontar (mengingatkanku dengan Jeneponto-tempatku KKN). Rasa pegal karena kelamaan duduk menjadi hilang karena lukisan Al Musshawwir ini. Semuanya indah..
Rombongan kami tiba di Baa sekitar pukul 11.00 siang. Tempat yang kami tuju adalah kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Tentu saja untuk bertemu dengan Bapak Kepala Dinas. Alhamdulillah, satu amanah telah terselesaikan. Yaitu memperkenalkan diri sebagai Guru Bantu dari SGEI-LPI Dompet Dhuafa. Meskipun saat itu Bapak Kadis tidak berada di tempat, dan kami disambut oleh Bapak Kepala Bidang Pengajaran.
Beliau sempat memberikan sedikit pengarahan pada saya tentang Rote Ndao. Saya Cuma bisa membalasanya dengan anggukan dan senyum manis. “Tenang saja Pak, insya Allah saya akan memberi banyak manfaat di Rote anda” kataku dalam hati.
Yaa Rabb..mudahkan hamba Mu ini dalam melaksanakan tugas di Rote Ndao..
Kuatkan diriku Yaa Qowwiy..dan semoga diriku pun bisa menjadi inspirasi bwt orang2 disekitar…
Amin Yaa Rabbal Alamin..

Tidak ada komentar:

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...

Fabiayyi'ala irabbikuma tukazziban...